Ma’had Al Manshuroh, Banjarbaru

Program pendidikan yang diselenggarakan Ma’had Al Manshuroh Banjarbaru adalah

1. Untuk usia 4 – 6 th jenjang pendidikan setingkat TK, dengan nama Madrasah Tarbiyatul Aulad [MTA]

2. Untuk usia 6 – 12 th jenjang pendidikan setingkat SD, dengan nama Madrasah Tahfizhul Qur’an [MTQ]

3. Untuk usia di atas 12 th jenjang pendidikan setingkat SMP, dengan nama Madrasah Takhosus Tahfidzul Qur’an. Angkatan I dimulai bulan Syawal tahun 1436 H

Kegiatan ma’had ini sudah mendapat rekomendasi kementrian agama Kota Banjarbaru, sehingga masyarakat tidak perlu ragu dengan ijin penyelengaraannya.

KURIKULUM :

Sejak didirikan pada tahun 2007, kurikulum telah mengalami beberapa kali revisi. Berikut ini adalah kurikulum hasil revisi terakhir tahun 2012 :

kurikulum mtqPelajaran hifzhul Qur’an dan pelajaran yang terkait erat dengannya merupakan pelajaran inti dari program MTQ. Semakin tinggi tingkatan kelas bobot pelaharan hifzhul Qur’an semakin besar.

Jadwal Madrasah :

Kegiatan madrasah berlangsung tiap hari kecuali Jum’at, terbagi menjadi dua waktu,  yaitu pagi 08:00 – 11:50 dan sore 16:30 – 17:30

 

SISTEM PENDIDIKAN

Kegiatan madrasah dilaksanakan pulang pergi (pagi-sore). Santri tidak tinggal di asrama (saat ini belum dilengkapi asrama). Tidak mengeluarkan ijazah seperti pendidikan umumnya.

 

LEGALITAS

Ma’had di bawah naungan badan hukum Yayasan Al Manshuroh dilengkapi dengan akte notaris dan SK Menkum dan HAM.

Memiliki ijin penyelenggaran dari Kemenag Kota Banjarbaru

 

SARANA PENUNJANG :

Luas area ma’had : +/- 2.500 m2

Bangunan : Masjid (10 x 10) rencana pengembangan 15 x 15, Gedung Madrasah, sedang dibangun ruang kelas banat 2 lantai, Rumah Pengajar, Toko Ma’had, Gudang.

 

Gambaran Lingkungan Ma’had

Data Foto Ma’had