Lingkungan Ma’had Al Manshuroh Banjarbaru

Berikut kami diskripsikan tentang keadaan lingkungan Ma’had Al Manshuroh Banjarbaru, Kalimantan Selatan :

Lokasi ma’had berada Kecamatan Landasan Ulin yang merupakan wilayah dari Kotamadia Banjarbaru. Jarak ke Kota Banjarbaru sekitar 15 km dan jarak ke Kota Banjarmasin sekitar 25 km. Kecamatan Landasan Ulin termasuk kecamatan yang paling cepat berkembang dibandingkan kecamatan lainnya di Kota Banjarbaru.

Fasilitas dan prasarana umum yang ada di sekitar ma’had:

  1. Bandara Syamsuddin Noor (+/- 2 km)
  2. Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) (+/- 600 m)
  3. Pasar Ulin Raya (pasar setingkat kecamatan) (+/- 1 km)
  4. Pasar tradisional
  5. dan beberapa fasilitas lainnya

Ma’had berada di tengah-tengah permukiman umum. Keadaannya relatif terbuka. Jalan menuju ma’had juga merupakan jalan lingkungan yang sering dilewati oleh warga.

Warga sekitar berasal dari beragam daerah asal. Mayoritas suku Banjar dan yang kedua suku Jawa, selanjutnya suku Sunda, dll.

Jenis pekerjaan warga : pedagang, swasta, PNS/TNI, tukang, sebagian kecil petani.

Akses menuju ma’had sangat mudah, tetapi tidak dilewati oleh layanan angkutan umum.

Kondisi tanah umumnya tanah keras, sebagian berpasir dan sebagiannya tanah rawa yang banyak ditumbuhi pohon galam. Tanah dalam keadaan relatif datar, ada beberapa kemiringan tetapi tidak terlalu signifikan.

Lingkungan ma’had bukan termasuk lokasi rawan banjir. Pada musim kemarau berkepanjangan biasanya termasuk daerah yang terkena dampak asap.

Cara Mencapai Ma’had

Dari Jl A. Yani (jalan utama kota, jalan propinsi yang menghungkan Kalsel ke Kaltim). Dari bundaran pesawat ke arah selatan masuk Jl. Herkules (lebar jalan : +/- 15 m). Jalan ini juga dikenal dengan Jalan RS AURI. Setelah bertemu bundaran kecil, belok kanan. 100 m dari bundaran ini akan terlihat gerbang Komp Perumahan Adi Upaya. Kemudian belok kiri. 50 m dari gerbang ini ada pertigaan, belok kanan. Selanjutnya nanti akan bertemu perempatan, belok kiri. Tidak jauh dari perempatan itu akan terlihat plank nama Ma’had Al Manshuroh di sebelah kanan jalan.

Tidak ada angkutan umum untuk mencapai ma’had dari Jl. A.Yani. Tetapi, di sekitar bundaran banyak ojek dengan tarif sekitar Rp.7.500. Kalau dari bandara ke ma’had tarif ojek Rp.20.000.

Lihat Peta